Jawab:
INF adalah singkatan dari kata informasi yang artinya: data yang telah diproses menjadi bentuk yang memiliki arti bagi penerima dan dapat berupa fakta, suatu nilai yang bermanfaat. Jadi ada suatu proses transformasi data menjadi suatu informasi = input - proses - output.
Sistem informasi sekarang peranannya tidak hanya sebagai pengumpul data dan mengolahnya menjadi informasi berupa laporan2 keuangan saja, tetapi mempunyai peranan yang lebih penting di dalam menyediakan informasi bagi manajemen untuk fungsi2 perencanaan, alokasi2 sumber daya, pengukuran dan pengendalian. Laporan2 dari sistem informasi memberikan informasi kepada manajemen mengenai permasalahan2 yang terjadi didalam organisasi untuk menjadi bukti yang berguna didalam menentukan tindakan yang diambil.
Definisi Sistem Informasi:
Suatu sistem terintegrasi yang mampu menyediakan informasi yang bermanfaat bagi penggunanya.
Atau;
Sebuah sistem terintegrasi atau sistem manusia-mesin, untuk menyediakan informasi untuk mendukung operasi, manajemen dalam suatu organisasi.
Sistem ini memanfaatkan perangkat keras dan perangkat lunak komputer, prosedur manual, model manajemen dan basis data.
Dari penjelasan di atas, menurut saya inf adalah hal yang sangat penting dalam perusahaan sehingga di jadikan sumber daya.
2.Jelaskan peranan database dalam membangun sebuah SIM?
Jawab:
Di bawah ini adalah peranan database dalam membangun SIM:
Database (Basisdata)adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut.
Istilah "informasi dan data" seringkali digunakan dan dapat ditukar, bagaimana informasi didefinisikan secara umum sebagai data yang berarti atau berguna untuk pemakai oleh karena itu data item adalah bahan dasar untuk menghasilkan informasi.
Database berisi semua data yang digunakan untuk aplikasi software.sekumpulan penyimpanan data sering dihubungkan sebagai suatu file.bentuk fisik dari penyimpanan data ditunjukan oleh media penyimpanan fisik(Pita komputer,disk,diskette,dll) yang berguna untuk secondary storage.
3. Analisis pengambilan informasi manajemen berdasarkan sumber dan bentuknya?
Berdasarkan dari tingkat Manajemen Sumber Pengambilan Informasinya, sebagai berikut :
1. High Level(Strategic Manajemen)
Manajemen ini banyak mengambil informasi dari lingkungan. Dan alasannya mengapa manajemen di tingkat ini banyak mengambil sumber sumber informasi dari lingkungan karena di tingkatan ini contohnya adalah seorang direktur perusahaan dan wakilnya yang bertanggung jawab terhadap pengolahan organisasi secara keseluruhan. Membuat rencana jangka panjang, merumuskan strategi, menetapkan kebijaksanaan, dan menetapkan interaksi/hubungan organisasi dengan lingkungan luar. Tingkatan yang bertanggung jawab penuh terhadap jalannya perusahaan. Dan biasanya pada tingkatan ini membuat keputusan yang tidak terprogram, yaitu keputusan yang tidak selalu terjadi. Dan dalam bentuk informasi yang didapatkannya, manajemen tingkat ini mendapatkan bentuk informasi secara ringkas karena membuat keputusan yang tidak terprogram dan tidak selalu terjadi.
2. Middle Level(Manajemen Control)
Salah satu contohnya berarti kepala bagian/divisi. Pengendali manajemen dalam suatu organisasi. Bertanggung jawab atas ruang lingkupnya, wilayah, divisi, dll. Merumuskan rencana jangka menengah, melakukan pengandalian, membuat prosedur, dan membuat keputusan berdasarkan lingkup tanggung jawabnya. Sebagai pengendali dalam arti mengawasi dan meyakini bahwa organisasi menjalankan strategic yang sudah ditetapkan secara baik, efektif dan seefisien mungkin.
3. Low Level(Operational)
Sebagai Supervisor atau mandor. Yaitu pengendali dalam jalannya operasional. Bertanggung jawab atas pelaksanaan dan sasaran operasional. Membuat keputusan jangka pendek dan mengendalikan transaksi sehari hari. Biasanya keputusan yang diambil yaitu keputusan yang terprogram, keputusan yang sering terjadi dan rutin. Dan itu sebabnya manajemen dalam tingkat ini banyak mengambil informasi hanya dalam ruang lingkup didalam perusahaan. Dan dalam bentuk informasi yang didapatkannya, manajemen dalam tingkat ini mendapatkan informasi dalam bentuk rinci, karena manajemen tingkat ini menjalankan semua informasi informasi yang didapatkan dari manajemen tingkat atas serta menjalankan semua informasi tersebut dalam perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar